DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LAPORAN PENELITIAN SKRIPSI SUPLEMENTASI VITAMIN C PADA PAKAN KOMERSIAL UNTUK MENURUNKAN DAMPAK PAPARAN DETERGEN PADA PEMELIHARAAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)
PENGARANG:MAULA SYAHIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-29


SUPLEMENTASI VITAMIN C PADA PAKAN KOMERSIAL UNTUK MENURUNKAN DAMPAK PAPARAN DETERJEN PADA PEMELIHARAAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

 

SUPPLEMENTATION OF VITAMIN C IN COMMERCIAL FEED TO REDUCE THE IMPACT OF DETERGENT EXPOSURE ON THE MAINTENANCE OF TILAPIA (Oreochromis niloticus)

Maula Syahida1), Fatmawati2) dan Pahmi Ansyari3)

Program Studi Akuakultur, Fakultas  Perikanan  dan  Kelautan, Universitas  Lambung  Mangkurat, Banjarbaru Kalimantan Selatan

Email : 1)syahidamaula@gmail.com, 2)fatmdi@yahoo.com,3)p_ansyari@yahoo.com

 

 

ABSTRAK

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan komoditas penting dalam bisnis ikan air tawar dunia.  Permasalahan yang muncul pada budidaya adalah pencemaran air, salah satunya deterjen terdiri dari bahan  kimia yang dapat memberikan dampak negatif pada biota perairan. Salah satu cara mengatasinya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh ikan nila dengan suplementasi vitamin C pada pakan ikan nila. Penelitian  ini bertujuan mengetahui pengaruh suplementasi vitamin C pada pakan benih ikan nila yang dipelihara, pengaruh paparan detergen terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan nila yang  ditambahkan vitamin C, dan pengaruh interaksi vitamin C dan detergen terhadap pertumbuhan dan  kelangsungan hidup ikan nila. Penelitian menggunakan RAL Faktorial 4 perlakuan. Hasil penelitian ini  menunjukkan suplementasi vitamin C pada pakan mampu meningkatkan tingkat kelangsungan hidup, dan pertumbuhan berat ikan. Dampak paparan deterjen berpengaruh terhadap perumbuhan berat dan  kelangsungan hidup. Interaksi antara deterjen dan vitamin C pada pakan, berpengaruh sangat nyata terhadap  pertumbuhan panjang relatif, pertumbuhan berat relatif dan berpengaruh nyata terhadap kelangsungan  hidup.

Kata kunci : Vitamin C, Paparan, Deterjen, Pertumbuhan, Benih ikan nila.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI