DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Menonton Drama Korea dengan Tingkat Stres Akademik Siswa di SMAN 1 Pelaihari
PENGARANG:Nurhana Khofifah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-29


ABSTRAK

HUBUNGAN MENONTON DRAMA KOREA DENGAN TINGKAT STRES

AKADEMIK SISWA DI SMAN 1 PELAIHARI

Khofifah, Nurhana

Latar Belakang: Sekolah merupakan sumber stres utama bagi anak karena

sebagian besar waktunya dihabiskan di sekolah. Stres yang bersumber dari

sekolah dan pendidikan sering disebut dengan stres akademik. Terdapat banyak

hal yang dapat dilakukan oleh siswa untuk mengelola atau mengurangi stres yang

mereka rasakan, salah satunya adalah dengan menonton Drama Korea.

Tujuan: Mengetahui hubungan menonton Drama Korea dengan tingkat stres

akademik di SMAN 1 Pelaihari.

Metode: Desain penelitian menggunakan cross sectional melibatkan 236 siswa

dengan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan

kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Spearman.

Hasil: Terdapat hubungan antara menonton Drama Korea dengan tingkat stres

akademik siswa di SMAN 1 Pelaihari (p value = 0,027) dengan arah hubungan

negatif dan kekuatan hubungan lemah (correlation = -0,144).

Pembahasan: Menonton Drama Korea dapat memengaruhi tingkat stres

akademik. Siswa dapat memilih alternatif penanganan stres akademik dengan

menonton Drama Korea. Semakin tinggi menonton Drama Korea yang dilakukan

oleh siswa makan akan menurunkan tingkat stres akademik siswa.

Kata Kunci: stres akademik, Drama Korea, siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI