DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Hubungan Menonton Drama Korea dengan Tingkat Stres Akademik Siswa di SMAN 1 Pelaihari | |
PENGARANG | : | Nurhana Khofifah | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-12-29 |
ABSTRAK
HUBUNGAN MENONTON DRAMA KOREA DENGAN TINGKAT STRES
AKADEMIK SISWA DI SMAN 1 PELAIHARI
Khofifah, Nurhana
Latar Belakang: Sekolah merupakan sumber stres utama bagi anak karena
sebagian besar waktunya dihabiskan di sekolah. Stres yang bersumber dari
sekolah dan pendidikan sering disebut dengan stres akademik. Terdapat banyak
hal yang dapat dilakukan oleh siswa untuk mengelola atau mengurangi stres yang
mereka rasakan, salah satunya adalah dengan menonton Drama Korea.
Tujuan: Mengetahui hubungan menonton Drama Korea dengan tingkat stres
akademik di SMAN 1 Pelaihari.
Metode: Desain penelitian menggunakan cross sectional melibatkan 236 siswa
dengan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan
kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Spearman.
Hasil: Terdapat hubungan antara menonton Drama Korea dengan tingkat stres
akademik siswa di SMAN 1 Pelaihari (p value = 0,027) dengan arah hubungan
negatif dan kekuatan hubungan lemah (correlation = -0,144).
Pembahasan: Menonton Drama Korea dapat memengaruhi tingkat stres
akademik. Siswa dapat memilih alternatif penanganan stres akademik dengan
menonton Drama Korea. Semakin tinggi menonton Drama Korea yang dilakukan
oleh siswa makan akan menurunkan tingkat stres akademik siswa.
Kata Kunci: stres akademik, Drama Korea, siswa
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI