DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pesan Propaganda pada Film "A Taxi Driver" Karya Jang Hoon (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)
PENGARANG:SITI MUTIA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-29


ABSTRAK

Siti Mutia Maulida, 1610414620024, 2021, Analisis Pesan Propaganda Pada Film A Taxi Driver Karya Jang Hoon (Analisis Semiotika Charles Sandes Pierce), dibimbing oleh Siswanto danSarwani.
 
        A Taxi Driver adalah sebuah film berdasarkan kisah nyata, yang mengangkat cerita tentang salah satu sejarah demokrasi di Korea Selatan. Dari segi cerita tersebut, banyak pesan propaganda yang disampaikan melalui alur cerita film ini. Selain itu, media massa terutama film merupakan salah satu media yang cukup efektif dalam penyebaran pesan propaganda, seperti yang dikatakan oleh Dziga Vertov bahwa apa yang dilihat melalui film, adalah kebenaran itu sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini betujuan untuk menganalisis pesan propanda yang terdapat dalam film A Taxi Driver.
        Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah model semiotika Charles Sandes Pierce yang didalamnya terdapat hubungan triadik yaitu representament, object, dan interpretant.
        Hasil penelitian ini terdapat beberapa pesan propaganda yang dilakukan oleh pemerintah di Gwang-Ju kepada masyarakat Korea Selatan. Melalui alur cerita film A Taxi Driver, terdapat beberapa tipe dan teknik propaganda, yakni: Propaganda sosial, Propaganda Politik, Propaganda Vertikal, Propaganda Hitam, serta teknik propaganda yaitu Name Calling. Secara garis besar usaha propaganda tersebut ialah dengan melakukan pengaburan infromasi dan framing berita melalui media massa, adanya pembatasan akses masuk ke kota Gwang-Ju, adanya ancaman kepada pers yang mencoba memberitakan kejadian sebenarnya, serta adanya penyebaran berita hoax dengan menyudutkan pihak lainnya. 
 

 

Kata kunci: Film, A Taxi Driver, Propaganda, Semiotik
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI