DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MORALITAS INDIVIDU, AROGANSI, DAN KESERAKAHAN TERHADAP TINDAKAN KECURANGAN PADA PENGADAAN BARANG DAN JASA (STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:MILTA LISNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-29


Milta Lisna (2022). Pengaruh Moralitas Individu, Arogansi, dan Keserakahan terhadap Tindakan Kecurangan pada Pengadaan Barang dan Jasa (Studi Empiris pada Pemerintah Kota Banjarmasin). Pembimbing: Alfian.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Moralitas Individu terhadap tindakan kecurangan pada pengadaan barang dan jasa; (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Arogansi terhadap tindakan kecurangan pada pengadaan barang dan jasa; (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Keserakahan terhadap tindakan kecurangan pada pengadaan barang dan jasa.

Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai SKPD Pemerintah Kota Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 99 pegawai SKPD Pemerintah Kota Banjarmasin. Pendistribusian kuesioner penelitian ini yaitu kepada Kepala SKPD, Sekretaris, Kasubag Keuangan beserta staf, Kasubag Umum dan Kepegawaian beserta staf, Kasubag Pembinaan dan Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa beserta staf, Kasubag Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa beserta staf, Kasubag Pengelolaan Layanan Pengadaan secara Elektronik beserta staf. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari variabel moralitas individu terhadap tindakan kecurangan pada pengadaan barang dan jasa. Hal ini menunjukkan bahwa bahwa semakin tinggi moralitas individu maka akan semakin menurunkan tindakan kecurangan yang terjadi. Temuan lain menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari variabel arogansi terhadap tindakan kecurangan pada pengadaan barang dan jasa. Hal ini menunjukkan bahwa individu yang memiliki sifat arogansi yang tinggi akan meningkatkan terjadinya tindakan kecurangan di suatu instansi. Hasil temuan terakhir menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari variabel keserakahan terhadap tindakan tindakan kecurangan pada pengadaan barang dan jasa. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya sifat keserakahan yang dimiliki individu maka akan meningkatkan individu tersebut dalam melakukan tindakan kecurangan di suatu instansi.

Kata Kunci: Moralitas Individu, Arogansi, Keserakahan, Tindakan Kecurangan pada Pengadaan Barang dan Jasa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI