DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF MENGENAI SIKAP SISWA REGULER TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS VIII D SMP NEGERI 23 BANJARMASIN
PENGARANG:SANIA WIDYA PUTRI SHOLIHAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-29


 

Sholihat, Sania Widya Putri. 2021. Studi Deskriptif mengenai Sikap Siswa Reguler terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di Kelas VIII D SMP Negeri 23 Banjarmasin. Skripsi. Program S1  Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2021/2022. Pembimbing I : Utomo, Pembimbing II : Septi Aryanti.

Kata Kunci : Sikap, Inklusi, Siswa Reguler, Siswa Berkebutuhan Khusus.

 

Keberadaan siswa berkebutuhan khusus yang belajar bersama siswa regular belum sesuai dengan harapan penyelenggara pendidikan inklusif yaitu dapat menjadi sumber bagi siswa regular maupun siswa berkebutuhan khusus untuk belajar saling mengenal, memahami, dan bersosialisasi. Kenyataannya di sekolah menunjukan siswa regular kurang dapat memberikan sikap positif terhadap  berkebutuhan khusus seperti kurang peka dan cenderung bersikap tak acuh hingga mengarah pada perilaku bullying. Untuk mewujudkan hubungan sosial yang harmonis maka perlu diketahui seberapa besar sikap baik terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan adanya kerja sama dalam pengelompokan dalam pelaksanaan tugas.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa regular 25 orang, ABK 3 orang (1 Anak Tuna Laras dan 2 Lamban Belajar) dan guru di SMPN 23 Banjarmasin dengan fokus penelitian sikap siswa regular terhadap siswa berkebutuhan khusus di kelas VIII D SMPN 23 Banjarmasin Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi yang dilakukan dengan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Adapun analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasi dengan mengacu pada pertanyaan penelitian.

 

Hasil penelitian ini dapat dilihat berdasarkan tiga kategori yaitu; pertamakonsep pengetahuan siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di kelas VIII D SMPN 23 Banjarmasin, kedua sikap afektif dari siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di kelas VIII D SMPN 23 Banjarmasin dan ketiga perilaku siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di kelas VIII D SMPN 23 Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian, konsep pengetahuan siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus dari 25 orang menunjukkan hampir semua siswa reguler masih banyak yang tidak mengetahui apa itu ABK, dan ada juga yang hanya tau gambaran umumnya saja. Sikap afektif siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus menunjukkan adanya rasa ketidaknyaman dalam berinteraksi, serta perilaku siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus menunjukkan kurangnya rasa tolong menolong dalam belajar dan adanya penolakan belajar secara bersama.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI