DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | EFISIENSI PEMASARAN USAHA PEMBESARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI UMKM MUTIARA BERSINAR DESA LABUAN TABU, KECAMATAN MARTAPURA, KAB. BANJAR, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN | |
PENGARANG | : | Rakha Ramadhan | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-12-30 |
ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN USAHA PEMBESARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI UMKM MUTIARA BERSINAR DESA LABUAN TABU, KECAMATAN MARTAPURA, KAB. BANJAR, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
Rakha Ramadhan1, Emmy Sri Mahreda2, Emmy Limantik2
1Mahasiswa Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan
2Dosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan
Coresponding Email : (rakharamadhan171@gmail.com)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran di UMKM Mutiara Bersinar Desa Labuan Tabu Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling untuk lembaga lembaga pemasaran dan pelaku pemasaran. Analiss data yang digunakan adalah analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran dan analisis farmers share. Hasil analisis memperlihatkan bahwa saluran terdiri dari 3 pola yaitu, pada pola pemasaran I, yang terdiri dari pembudidaya lalu kekonsumen akhir. Pola pemasaran II terdiri dari pembudidaya, pedagang pengecer lalu konsumen akhir. Pola Pemasaran III terdiri dari pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengecer lalu ke konsumen akhir yang semua setiap saluran pemasaran dilakukan secara offlane ke tempat yang sudah pedagang tentukan. Pola saluran pemasaran yang terbanyak yaitu berada pada pola saluran ke II, sebesar 19,35% dengan besarnya margin pemasaran sebesar Rp. 6.000,00. Nilai farmer's share adalah sebesar 83,7%. Hal ini dapat dikatakan efisien karena ditingkat pembudidaya pembesaran ikan nila mutiara bersinar dan nilainya diatas 50% dan layak untuk dikembangkan.
Kata Kunci : Ikan nila, Usaha Mutiara Bersinar, Efesiensi Pemasaran
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI