DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU BULLYING VERBAL TERHADAP EMPATI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:EVI ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-30


Evi Ulfah. 2021. Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Perilaku Bullying Verbal Terhadap Empati Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd, (II) Mufida Istati, M.Pd.

 

 

Kata Kunci : Intensitas Penggunaan Media Sosial, Perilaku Bullying Verbal, Empati

 

Siswa yang memiliki empati yang rendah maka siswa tersebut tidak mampu menerima sudut pandang orang lain, tidak memiliki kepekaan perasaan terhadap orang lain serta tidak mampu mendengarkan orang lain sehingga membuat mereka lebih lama untuk menggunakan media sosial dan melakukan tindakan perilaku bullying verbal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan perilaku bullying verbal terhadap empati siswa kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kolerasi dan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sampling sistematis. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan wawancara kepada guru BK dan siswa kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin dengan jumlah populasi 224 orang dan sampel dalam penelitiaan ini berjumlah 114 orang serta teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif, korelasi product moment dan korelasi berganda.

. Kesimpulan dalam penelitian ini pada intensitas penggunaan media sosial tergolong pada kategori sangat tinggi, perilaku bullying verbal tergolong pada kategori tinggi, empati tergolong pada kategori tinggi, terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dengan empati, terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku bullying verbal dengan empati, dan terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dan perilaku bullying dengan empati. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan topik penelitian dengan mengaitkan variabel lain atau melakukan penelitian tentang intensitas penggunaan media sosial, perilaku bullying verbal dan empati siswa dan untuk guru BK nantinya mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan intensitas penggunaan media sosial, perilaku bullying verbal, dan empati pada siswa kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI