DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI STOIKIOMETRI BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING BERKONTEKS LAHAN BASAH
PENGARANG:ANISA IHDAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-30


Pengembangan e-modul pada materi stoikiometri berbasis flip pdf professional merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas produk e-modul yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Uji coba e-modul yang dikembangkan dilakukan pada peserta didik di SMAN 10 Banjarmasin secara luring. Uji coba yang dilakukan adalah perorangan, kelompok kecil dan terbatas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon dan penilaian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa dan media. E-modul yang dikembangkan juga telah memenuhi aspek kepraktisan, dilihat dari angket keterbacaan e-modul pada uji perorangan memperoleh kategori baik dan uji kelompok kecil kategori sangat baik. Angket respon peserta didik memperoleh kategori sangat baik dan lembar aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik. E-modul juga telah memenuhi aspek efektivitasyang dilihat berdasarkan N-gain hasil belajar peserta didik yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan produk yang dikembangkan yaitu e-modul berbasis flip pdf professional telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan dan efektivitas, sehingga layak digunakan.

 

E-module development on stoichiometry material based on flip pdf professional is a systematically arranged teaching material.This research aimed to determine the validity, practicality, and effectiveness of the developed e-module product. The research method used in this development research was Research and Development (R&D) with a 4-D development model: define, design, develop and disseminate. The developed e-module trial was conducted offline for students at SMAN 10 Banjarmasin.The data analysis technique was descriptive statistics. The data collection techniques were validation sheets, readability questionnaires, response questionnaires and test assessments.The results showed that the developed e-module was stated to be very valid regarding the content feasibility, presentation, language and media. The developed e-module also fulfilled practical aspects, as seen from the e-module readability questionnaire in the individual test obtaining a good category and in the small group test the very good category. Student response questionnaires obtained very good categories, and teacher activity sheets obtained very good categories.The e-module also fulfilled the effectiveness aspect based on the N-gain of student learning outcomes included in the high category.The research results indicated that the developed e-module based on the flip pdf professional product had met the aspects of validity, practicality, and effectiveness, so it was feasible to use. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI