DIGITAL LIBRARY



JUDUL: KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN TEWEH BARU KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:MAHDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-30


ABSTRAK

 

 

Mahdiana. 2022. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Teweh Baru Kabupaten Barito Utara. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. M. Saleh, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Transformasional, Iklim, Motivasi, Kinerja

 

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kontribusi secara langsung dan tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim kerja dan motivasi berprestasi dengankinerja guru SDN Kecamatan Teweh Baru Kabupaten Barito Utara.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode koresionaldengan pendekatan kuantitatifyang diformulakan kedalam model analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian sebanyak sebanyak 263 guru dari 25 SDN yang berada di KecamatanTeweh Baru Kabupaten Barito Utara dan diambil 159 responden sebagai sampel penelitian menggunakan teknik Simple Proportionate Random Sampling dan rumus alokasi proporsional. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).

Hasil analisis nilai koefisien regresi variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap kinerja (Y) sebesar 0,353, kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X2) terhadap motivasi berprestasi (Z) sebesar 0,427, iklim kerja (X2) terhadap kinerja (Y) sebesar 0,318, iklim kerja (X2) terhadap motivasi berprestasi (Z) sebesar 0,310, motivasi berprestasi (Z) terhadap kinerja (Y) sebesar 0,303, kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap kinerja (Y) melalui motivasi berprestasi (Z) sebesar 0,129 dan iklim (X2) terhadap kinerja (Y) melalui motivasi berprestasi sebesar 0,094

Kesimpulan penelitian ini adalah variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah,  iklim kerja, motivasi berprestasi dan kinerja guru SDN Kecamatan Teweh Baru semuanya termasuk dalam katagori tinggi. Terdapat kontribusi langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim kerja dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. Terdapat kontribusi tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi di SDN Kecamatan Teweh Baru Kabupaten Barito Utara. Sarankepala sekolah lebih meningkatkan kepemimpinan transformasionalnya terutama pada aspek intelektual stimulannya seperti cara meningkatkan kreatifitas para guru juga kecepatan dalam memberikan solusi yang dihadapi para guru. Guru meningkatkan tanggungjawab dalam melakukan pekerjaannya dan mampu meningkatkan hasil kerja baik dari segi kualitas dan kuantitas. Guru agar dapat membangun iklim kerja yang lebih baik lagi agar terdapat kenyamanan dan keharmonisan dalam bekerja dan guru meningkatkan motivasi berprestasinya seperti motivasi untuk lebih berinisiatif dalam bekerja juga motivasi untuk melakukan pekerjaan secara inovatif

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI