DIGITAL LIBRARY



JUDUL: “Pengaruh Terpaan Berita Kriminal Terhadap Sikap Waspada Bhabinkamtibmas dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Kota Banjarmasin (Studi pada Tayangan “SERGAP” di RCTI)”.
PENGARANG:Resta puji A
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-30


ABSTRAK

 

Resta Puji Astuti, D1C114097, 2021, Pengaruh Terpaan Berita Kriminal Terhadap Sikap Waspada Bhabinkamtibmas dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Kota Banjarmasin (Studi Pada Tayangan “SERGAP” di RCTI), dibawah bimbingan Bachruddin Ali Akhmad dan Fahrianoor.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terpaan Berita Kriminal Terhadap Sikap Waspada Bhabinkamtibmas dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Kota Banjarmasin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi adalah anggota Bhabinkamtibmas Polresta Banjarmasin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 responden terdiri dari anggota Sat Binmas dan Bhabinkamtibmas. Teknik analisa data menggunakan Teknik Analisa Regresi Sederhana. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menyatakan bahwa Ha dapat diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara terpaan berita kriminal (x) terhadap sikap waspada Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (y) di Kota Banjarmasin. Besar pengaruh antara terpaan berita kriminal terhadap sikap waspada bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dapat dilihat pada hasil uji  R2 (determinasi) sebesar 0,806, dimana nilai R2 yang menunjukkan hubungan antara variabel terpaan berita kriminal terhadap sikap waspada bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah sebesar 80,6%. Sedangkan sisanya, sebesar 19,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil uji t atau uji regresi secara parsial, menunjukkan X1 (Terpaan media/terpaan berita kriminal) dengan nilai sig sebesar 0,000 dibawah 0,05 serta hasil nilai sig pada uji F adalah = 0,000b berarti <0,05. Dengan demikian dinyatakan bahwa Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh signifikan terpaan berita kriminal terhadap sikap waspada bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Banjarmasin.

 

Sikap waspada juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pengalaman pribadi lingkungan kebudayaan masyarakat sekitar, pertimbangan pendapatan atau persetujuan orang yang dianggap penting di kesatuannya, pesan sugestif, institusi lain, dan faktor emisional.

 

Kata kunci : Pengaruh, Terpaan Media, Berita Kriminal, Sikap Waspada, Bhabinkamtibmas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI