DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS COMMUNITY RELATIONS PT. TRIO MOTOR DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN KOMUNITAS LOYALITAS PELANGGAN “KOMUNITAS MOTOR HONDA”
PENGARANG:PUTRI KARTIKA N
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-30


ABSTRAK

 

Putri Kartika Nurdianti, D1C114050, 2021, Aktivitas Community Relations PT. Trio Motor Dalam Membina Hubungan Baik dengan Komunitas Loyalitas Pelanggan “Komunitas Motor Honda”, dibimbing oleh Bachruddin Ali Akhmad dan Noviana Sari.

 

Salah satu perusahaan yang menjalin hubungan baik dengan komunitasnya ialah PT Trio Motor. PT Trio Motor ialah sebuah perusahaan retail kendaraan bermotor yang dipercaya menjadi Main Dealer Sepeda Motor Honda untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.Selain itu, PT. Trio Motor memiliki beberapa anak perusahaan yang tidak hanya bergerak di bidang kendaraan roda dua saja tetapi kendaraan roda empat, bahkan ada yang bergerak di bidang elektronik, radio, entertaintment, cafe atau restaurant, dan perusahaan jasa lainnya. Sampai saat ini, PT. Trio Motor mempunyai 19 cabang yang tersebar di Banjarmasin, Martapura, Plaihari, Paringin, Tanjung, Buntok, Batulicin, Sungai Danau, Kapuas, Palangkaraya, Sampit, Muara Teweh, Tamiyang Layang dan Kuala Kurun.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan penulis adalah analisis data selama dilapangan Model Miles and Huberman. Informan kunci yaitu Bapak Mustiar sebagai Humas PT Trio Motor sekaligus Ketua Komunitas Motor Honda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas community relations apa saja yang dilakukan PT. Trio Motor dalam menjalin hubungan baik dengan komunitasnya.

 

Hasil penelitian menunjukkan manajemen community relations PT Trio Motor dan komunitas Honda di Banjarmasin dalam menjalin hubungan yang baik  dilihat dari ketujuh perilaku relationship maintenance yang meliputi openess and routine talk, positivity, assurances, supportiveness, mediated communication, conflict management, dan humor sudah sesuai dan patut diacungi jempol.

 

Kata kunci: community relations, relationship maintenance

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI