DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Pengetahuan Perawat dengan Upaya Pencegahan Kejadian Flebitis di RSD Idaman Kota Banjarbaru
PENGARANG:MUHAMMAD FASYA AMINULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-30


Latar Belakang : Rumah sakit adalah fasilitas kesehatan yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk mendapatkan tindakan kuratif hingga rehabilitatif.Salah satu jenis HAIs yang sering terjadi adalah kejadian flebitis.Pengetahuan perawat sangat penting dalam upaya pencegahan kejadian flebitis, hal ini berkaitan dengan tindakan perawat dalam menjalankan peran dan fungsinya dalam mencegah terjadinya infeksi flebitis pada pasien.

 

Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan perawat dengan upaya pencegahan kejadian flebitis di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

 

Metode : Penelitian ini menggunakan desain korelasionaldengan pendekatan cross sectional (potong lintang). Teknik pengambilan sampel yakni probability sampling dengan jenis stratified random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 129 perawat. Instrumen yang digunakan yakni lembar data demografi, kuesioner pengetahuan perawat, dan kuesioner upaya pencegahan kejadian flebitis. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square.

 

Hasil : Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan perawat dengan upaya pencegahan kejadian flebitis di RSD Idaman Kota Banjarbaru dengan nilai p-value = 0,001; OR = 3,77.

 

Diskusi : Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan perawat dengan upaya pencegahan kejadian flebitis. Hal ini terjadi karena ketika perawat memiliki pemahaman atau pengetahuan yang baik tentang terapi intravena pada pasien, mereka cenderung melakukan prosedur pemasangan terapi intravena dengan benar sesuai dengan prosedur klinis yang berlaku.

 

Kata Kunci: pengetahuan perawat, flebitis, upaya pencegahan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI