DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA PANGELAK KECAMATAN UPAU KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:WINDY ANDREA NATALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-02


ABSTRAK

Windy Andrea Natali, 1810413620019, Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Di Desa Pangelak Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong. Di bawah bimbinganGazali Rahman.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Desa Pangelak, dengan kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Kepala Desa Pangelak. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, untuk menggambarkan kepemimpinan Kepala Desa Pangelak dalam pembangunan infrastruktur desa.

            Hasil Penelitian ini adalah Kepemimpinan Kepala Desa Pangelak Kecamatan Upau Kabupaten Tabalongdapat dikatakan bahwa tipe kepemimpinan yang dimiliki oleh Kepala Desa Pangelak sudah berjalan dengan baik, karena Kepala Desa Pangelak memiliki ciri tipe kepemimpinan demokratis dalam kepemimpinan pembangunan infrastruktur di Desa Pangelak. Hal ini dapat dilihat Bapak Kepala Desa mengedepankan musyawarah ketika memecahkan suatu masalah. Pembangunan – pembangunan yang telah dilakukan sudah cukup baik yang mana pembangunan tersebut terfokus kepada infrastruktur jalan. Faktor yang mempengaruhi kepemimpinan dalam pelaksanaan pembangunan desa, peneliti mengangkat 3 indikator dalam penelitian yaitu Faktor Kemampuan Individu, Faktor Jabatan, Faktor Situasi dan Kondisi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Bapak Kepala Desa memiliki kepemimpinan yang baik. Hal tersebut dikarenakan Bapak Kepala Desa memiliki kesesuaian dengan 3 indikator tersebut sehingga menghasilkan pengaruh yang sangat baik terhadap kepemimpinan beliau dalam kepemimpinan pembangunan infrastruktur.

Kepala Desa Pangelak dan aparatur Desa Pangelak Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong, dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan aspek kinerjanya baik dalam pelayanan kepada yang dilayani, integritas, komitmen, kedisiplinan serta dapat bekerjasama baik kepada atasan maupun rekan kerja lainnya, dan juga selalu memperbaharui papan informasi Profil Desa Pangelak. Ini cukup penting untuk menginformasikan tamu dari luar desa mengenai perkembangan yang ada di Desa Pangelak.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Desa, Pembangunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI