DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NEGOSIASI PEREMPUAN DALAM PERCERAIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Ervi Rianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-02


 

Ervi Rianti, 2022, Negosiasi Perempuan Dalam Perceraian pada masa Pandemi Covid-19 di Kota Banjarmasin, Skripsi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat.Di bawah bimbingan Varinia Pura Damaiyanti.

Fenomena Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap aspek perekonomian dunia yang menjalar sampai ke sektor ekonomi keluarga, kondisi tersebut mengakibatkan sebuah perceraian. Dalam penelitian iniperceraian terjadi karena diajukan oleh pihak istri (cerai gugat) di Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya perceraian serta bentuk negosiasi dan persepsi perempuan terhadap perceraian yang dialaminya yang disebabkan oleh faktor ekonomi di masa Pandemi Covid-19 yang ada di kota Banjarmasin.

 Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Feminist Method. Hasil penelitian menemukan ada beberapa penyebab yang menyebabkan terjadinya perceraian pada masa Pandemi Covid-19 ini yaitu diantaranya adalah masalah ekonomi keluarga bahkan pemicu dari penyebab pertengkaran terus menerus pun didasari oleh faktor ekonomi, sifat dan perlakuan suami yang kasar, berbeda tujuan dalam menjalankan rumah tangga dan juga faktor lainya. Namun hal tersebut sudah diantisipasi dengan berbagai macam upaya seperti 1). Membantu dalam pemenuhan ekonomi rumah tangga 2). Mengurangi pengeluaran ekonomi rumah tangga, 3). Menjadi support system untuk suami. Selain beberapa upaya yang dilakukan untuk menghindari terjadinya perceraian pasangan suami istri pun juga pernah saling menegosiasikan dalam pemenuhan nafkah seperti istri membantu suami dalam mencari nafkah untuk pemenuhan nafkah. Namun hasil dari upaya dan negosiasi tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan, pada akhirnya dampak dari Pandemi Covid-19 ini memiliki efek seperti efek domino yang diawali dengan turunnya ekonomi global hingga lokal bahkan merambat sampai ke ekonomi keluarga yang mengakibatkan konflik yang berujung pada perceraian.

 

Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Negosiasi, Perceraian, Perempuan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI