DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI DAN ASPIRASI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BUKIT BIRAH DI DESA KANDANGAN LAMA KECAMATAN PANYIPATAN TANAH LAUT
PENGARANG:STEPHANY TURNIP
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-09-20


RINGKASAN
STEPHANY TURNIP, Persepsi dan Aspirasi Masyarakat Terhadap Pengembangan Objek Wisata Bukit Birah di Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan Tanah Laut yang dibimbing oleh Ir. Hj. Fonny Rianawati, M.P dan Khairun Nisa, S.Hut, M.P.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji persepsi dan aspirasi wisatawan terhadap daya tarik wisata Bukit Birah di Desa Kandangan Lama, mengkaji persepsi dan partisipasi masyarakat sehingga dapat mengembangkan objek wisata Bukit Birah di Desa Kandangan Lama. Metode yang digunakan untuk menentukan responden masyarakat menggunakan metode purposive sampling dan menentukan sampel responden masyarakat dan wisatawan menggunakan rumus Slovin (Siregar 2011). Hasil penelitian menunjukkan persepsi wisatawan terhadap daya tarik wisata Bukit Birah adalah pemandangan alam yang indah dan menarik 63 % wisatawan sangat setuju dengan keindahan objek wisata sedangkan aspirasi wisatawan perlu adanya peran dan tingkat kepedulian dari pemerintah dalam memberikan kontribusi untuk memperbaiki fasilitas sebagai sarana pendukung di dalam objek wisata sehingga meningkatkan daya tarik pengunjung. Sedangkan persepsi penduduk terhadap keberadaan objek wisata Bukit Birah yaitu dapat memberikan dampak positif untuk keberlanjutan masyarakat dan meningkatkan perekonomian dan partisipasi keinginan penduduk terhadap objek wisata Bukit Birah yaitu menjadikan objek wisata menarik.
Kata Kunci : Persepsi, aspirasi, partisipasi, penduduk, wisatawan, wisata

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI