DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAHTANGGA DI KELURAHAN PELAMBUAN KECAMATAN BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:Salsabila Syifa Pribadi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-03


Penelitian ini dilatar belakangi oleh besarnya masyarakat dalam menghasilkan jumlah sampah setiap tahunnya. Data dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin tahun 2020 menunjukkan Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Barat yang paling banyak menghasilkan sampah setiap tahunnya adalah Kelurahan Pelambuan. Masyarakat Kelurahan Pelambuan sering membuang sampah sembarangan misalnya di samping rumah. Kondisi jalan juga telah dilengkapi drainase namun drainase tergenang dikarenakan sampah yang terus menumpuk dan kondisi lingkungan di sekitar rumah memiliki bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, penting untuk melakukan partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat.

                 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah rumah tangga yang ada di Kelurahan Pelambuan   dengan sampel penelitian berjumlah 382 rumah tangga. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi di lapangan dan penyebaran kuesioner. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka dan studi dokumen.

                 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 variabel partisipasi yaitu partisipasi buah pikiran, partisipasi tenaga, partisipasi harta benda, partisipasi kemahiran dan keterampilan, partisipasi politik, dan partisipasi sosial dalam mengelola sampah rumah tangga di Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat, partisipasi yang paling banyak dilakukan adalah partisipasi tenaga dengan indikator ikut serta dalam mengelola sampah. Responden berperan aktif dalam memilah sampah organik dan anorganik sebelum sampah tersebut dibuang ke tempat penampungan sehingga dapat memudahkan petugas sampah untuk mengangkut sampah secara rutin.

 

Kata Kunci : Partisipasi, Pengelolaan Sampah, Rumahtangga

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI