DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN HISTOLOGI OTOT RANGKA ORGAN LOKOMOTOR IKAN TIMPAKUL (Periophthalmodon schlosseri) DAN IKAN SAPU-SAPU (Pterygoplichthys sp.)
PENGARANG:Kuswanto
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-09-20


ABSTRAK
GAMBARAN HISTOLOGI OTOT RANGKA ORGAN LOKOMOTOR IKAN
TIMPAKUL (Periophthalmodon schlosseri) DAN IKAN SAPU-SAPU (Pterygoplichthys sp.) (Oleh Kuswanto; Pembimbing : Heri Budi Santoso, Hidayaturrahmah; 2018; 71 halaman)
P. schlosseri tergolong jenis ikan yang unik karena mempunyai dua tipe pergerakan yaitu pergerakan di air (aquatic locomotion) dan pergerakan di darat (terrestrial locomotion). Berdasarkan fakta tersebut diduga terdapat pula perubahan morfologi pada jaringan dan sel penyusun otot rangka organ lokomotor P. schlosseri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran histologi otot rangka organ lokomotor ikan timpakul (Periophthalmodon schlosseri) dan perbandingannya dengan ikan air tawar Pterygoplichthys sp. Pembuatan preparat histologi menggunakan metode parafin dan pewarnaan Hematoksilin-Eosin, sedangkan pengambilan data histometri menggunakan aplikasi image raster dan dianalisis perbedaan nilai rata-ratanya menggunakan aplikasi SPSS dengan independent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa otot sirip lengan, otot sirip dada, otot sirip ekor dan otot badan P.schlosseri tersusun atas jaringan ikat dan jaringan otot. Jaringan ikat menyusunnya terbagi menjadi 3 jenis antara lain : Epimisium, Perimisium dan Endomisium. Hasil perbandingan otot rangka organ lokomotor P.schlosseri menunjukkan bahwa keduanya memiliki jaringan penyusun yang sama. Perbedaan keduanya terletak pada warna otot. P.schlosseri cenderung memiliki warna otot merah keunguan sedangkan Pterygoplichthys sp. memiliki warna merah terang. Data hasil histometri menunjukkan bahwa kedua jenis ikan memiliki nilai rata-rata ketebalan jaringan ikat dan diameter serat otot yang sama kecuali pada diameter serat otot merah pada organ otot badan.
Kata kunci : Otot rangka, Organ lokomotor, Periophthalmodon schlosseri, Pterygoplichthys sp.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI