DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencanaan Sistem Drainase Dan Rekomendasi Settling Pond Berdasarkan Curah Hujan Maksimal Di PT Generasi Muda Bersatu
PENGARANG:MUHAMMAD DIKA AULIA AGUSTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-03


PT Generasi Muda Bersatu (GMB) adalah perusahaan pertambangan galena yang menerapkan sistem tambang terbuka (open pit ). Dalam tahapan operasi produksi, aktivitas perusahaan kerap terganggu disebabkan adanya air dalam jumlah yang berlebihan, terutama pada musim hujan.PT Generasi Muda Bersatu (GMB) mempunyai target pada sistem penyaliran yaitu bagaimana agar air tanah agar tidak memasuki front kerja dan menjaga sump agar tetap kering. Sebagaimana diketahui bahwa terdapat beberapa sumber air yang kemungkinan masuk ke areal tambang, antara lain air hujan, air limpasan dan air tanah khususnya pada daerah south pit dan east pit.

Pada penelitian ini, perhitungan curah hujan rencana menggunakan metode Gumbel, perhitungan waktu konsentrasi hujan menggunakan  persamaan rumus dari kirpich, perhitungan pada intensitas hujan menggunakan rumus monobe,Penentuan luas catchment area menggunakan software surfer, perhitungan debit limpasan menggunakan metode rasional serta pembuatan rancangan sistem drainase menggunakan software surpac.

Berdasarkan hasil pengolahan data kapasitas settling pond aktual (8.284,991 m3) tidak dapat menampung debit air yang masuk (10.900,43 m3), untuk itu perlu dilakukan penambahan 1 kompartemen, sehingga kapasitas settling pond menjadi 11.225 m2 dengan dimensi 31 m x 24 m x 4 m. Di samping itu perlu dilakukan pembuatan saluran terbuka pada daerah south pit dan east pit dengan dimensi lebar dasar saluran 0,415 m, kedalaman aliran 0,5 m, keliling basah 1,83 m ,lebar muka air 1,415 m, tinggi jagaan 0,5 m, dan lebar permukaan saluran terbuka 2,415 m dan untuk luas penampang saluran terbuka adalah 1,415 m2 yang ekuivalen dengan pipa berdiameter 56 inchi (1,4 m) dan gorong-gorong persegi ukuran 1,2 m.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI