DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REALISASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TOPIK PROKRASTINASI AKADEMIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMA NEGERI 1 MANDASTANA
PENGARANG:AGUSTINA WULAN SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-03


ABSTRAK

 

Agustina Wulan Sari. 2022. Realisasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Topik Prokrastinasi Akademik Di Masa Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMA Negeri 1 Mandastana. Pembimbing (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd (II) Faisal Rachman, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik, Layanan Bimbingan Kelompok

 

Bimbingan kelompok adalah bantuan kepada siswa dengan memanfaatkan dinamika kelompok sebagai upaya preventif yang membahas masalah-masalah pribadi, sosial, belajar dan karir dengan tujuan untuk pemahaman dan pertimbangan pengambilan keputusan atau tindakan individu. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda mengerjakan tugas dengan memilih melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Tujuan dalam penelitian ini untuk menggambarkan implementasi layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi prokrastinasi akademik di masa pandemi covid-19 pada siswa.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 5 sumber yaitu Guru Bimbingan dan Konseling, Guru Mata Pelajaran dan 3 Siswa yang melakukan prokrastinasi akademik. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan ialah analisis model Miles and Huberman.

Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan bahwa realisasi layanan bimbingan kelompok berjalan dengan baik dan efektif dalam mengurangi prokrastinasi akademik di masa pandemi covid-19 dimana adanya perubahan kearah yang positif setelah diberikannya layanan. Pemberian layanan bimbingan kelompok dilakukan sesuai dengan POP BK sebagai pedoman dalam pelaksanaan layanan dengan cukup rutin dilakukan oleh guru BK dalam mengurangi prokrastinasi akademik di masa pandemi covid-19. Maka studi deskriptif ini efektif digunakan untuk mengetahui realisasi layanan bimbingan kelompok dengan topik prokrastinasi akademik di masa pandemi covid-19 pada siswa SMA Negeri 1 Mandastana.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI