DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRA RANCANGAN PABRIK WHITE CARBON DARI SODIUM SILIKAT DAN ASAM SULFAT DENGAN PROSES ASIDIFIKASI KAPASITAS 40.000 TON/TAHUN
PENGARANG:Fatma Martoni
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-04


White carbon merupakan bentuk amorf dari silika sintetis dengan rumus molekul SiO2.White carbonbiasa digunakansebagai bahan penguat pada produk elastis seperti karet, ban, dansol sepatu; sebagai bahan aditif dan tambahan pada industri pasta gigidan farmasi. Setiap tahunkebutuhan white carbon mengalami peningkatan sehingga dalam memenuhi kebutuhan dilakukanimpor dari berbagai negara. Pabrik ini akan didirikan di desa Cimahi, Kecamatan Klari, KabupatenKarawang,JawaBarat pada tahun 2027dengan kapasitassebesar40.000ton/tahun.

Prosesyangdigunakanpadapembuatanwhitecarboniniadalahasidifikasidenganmereaksikan sodium silikat dan asam sulfat. Reaktor yang digunakan adalah Reaktor Batch TangkiBerpengaduk dengan kondisi operasi 85oC dan tekanan 1 atm yang dilengkapi jaket pendingin.Didalamreaktor terjadi reaksi fase cair-cair, irreversibledan eksotermis. Reaksi yang terjadimenghasilkan silikon dioksida, sodium sulfatdan air. Pemurnian produk menggunakan rotarydrum vacuum filter untuk memisahkan silikon dioksida dan sodium sulfat. Silikon dioksida yangdihasilkan diangkut menggunakanconveyor menuju rotary dryer untuk mengeringkan produksehingga didapatkan kemurnian produk 99%. Produk yang sudah kering kemudian menujuballmilluntukmengecilkan ukuran dan dilanjutkan denganvibratingscreenuntuk menyaringproduk sehingga didapatkanukuran325mesh.

Pabrik White Carbon berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan sistem organisasi lineandstaff.Tenagakerjayangdibutuhkansebanyak157orang.Berdasarkananalisaekonomididapatkan Return of Investment (ROI) sebelum pajak sebesar 47,05 % dan Return of Investment(ROI) sesudah pajak sebesar 30,58 %. Pay Out Time (POT) sebelum pajak yaitu 1,8 tahun dan PayOut Time (POT) sesudah pajak sebesar 2,5 tahun. Sehingga diperoleh Break Event Point (BEP)sebesar 42% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 30%. Berdasarkan pertimbangan hasil analisaekonomi tersebut, maka pabrik White Carbon dengan kapasitas 40.000 ton/tahun memungkinkanuntukdilanjutkanke tahapperancangan.

 

Katakunci: whitecarbon,sodium silikat,asamsulfat,reaktorbatchtangkiberpengaduk.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI