DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN DI DINAS PENANAMAN DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ZAKY YASIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-04


ABSTRAK

 

Zaky Yasin 1810413210028 (2022), Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai dalam Pelayanan di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin Dibimbing oleh Mahyuni.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di bidang pelayanan publik kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin yang berjumlah 28 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dimana pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pada hasil uji hipotesis diketahui bahwa variabel pengaruh kepemimpinan memiliki nilai t hitung 2700 dengan signifikansi 0,012 < 0,05 yang artinya bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai untuk pelayanan di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin. Dengan demikian H0 ditolak, ini menyatakan hubungan antara kepemimpinan terhadap kinerja pegawai untuk pelayanan di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin (Ha) diterima atau terbukti. Lalu data diolah menggunakan bantuan program SPSS versi 25.

          Disarankan bagi peneliti yang ingin meneliti lebih dalam terkait dengan penelitian menyangkut pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja, maka saran dari penulis yaitu untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel lain, karena dalam penelitian ini masih terdapat 78% faktor lain yang mempengaruhi kinerja pegawai utnuk pelayanan.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kinerja Pegawai, dan Pelayanan Publik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI