DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KUALITAS PESAN DAN MODEL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DALAM MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19 DI KOTA BANJARMASIN (Studi Pada Penonton Iklan Layanan Masyarakat “Yuk, #Dirumah Aja Melawan Corona” Di Trans7)
PENGARANG:NOR AINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-04


Nor Aina, 1610414620018, 2022. Pengaruh Kualitas Pesan dan Model Iklan Layanan Masyarakat Terhadap Sikap Masyarakat Dalam Mencegah Penyebaran COVID-19 Di Kota Banjarmasin (Studi Pada Penonton Iklan Layanan Masyarakat “Yuk, #Dirumah Aja Melawan Corona” di Trans7). Dibimbing oleh Fahrianoor dan Noviana sari.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh secara parsial dan simultan Kualitas Pesan Iklan dan Model Iklan Terhadap Sikap Masyarakat di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 110 responden dari populasi yang tidak diketahui dengan teknik pengambilan sampling menggunakan quota sampling, dengan kriteria pernah melihat iklan Yuk, #Dirumah Aja Melawan Corona, pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan riset kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pesan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap masyarakat dengan nilai signifikansi 0,238 atau 23,8%. Model iklan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap masyarakat dengan nilai signifikansi 0,273 atau 27,3%. Kualitas pesan dan model iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap masyarakat secara simultan karena nilai Fhitung sebesar 4,397 dengan nilai Ftabel adalah 3,09 sehingga nilai Fhitung > Ftabel atau 4,397 > 3,09 dan tingkat signifikan 0,015 < 0,05 dengan besar pengaruh sebesar 38,4% sedangkan sisanya sebesar 61,6% dihasilkan faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Kualitas Pesan Iklan, Model Iklan, Sikap

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI