DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN PELAKSANAAN SUPERVISI DALAM KEGIATAN HANDOVER DI RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:HIDAYATURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-04


Latar Belakang: Handover merupakan suatu cara menyampaikan dan menerima informasi yang berkaitan dalam perpindahan tanggung jawab profesional dan akuntabilitas beberapa aspek. Kesalahan pada saat handover akan berakibat fatal untuk kelanjutan perawatan pasien. Salah satu faktor mempengaruhi handover di rumah sakit yaitu supervisi.

Tujuan: Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan supervisi dalam kegiatan handover di RSD Idaman Kota Banjarbaru

Metode: Metode penelitian menggunakan non-eksperimen dengan rancangan penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu stratified random sampling. Sampel penelitian sebanyak 131 perawat pelaksana di rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru. Pengambilan data menggunakan kuesioner.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa 70 responden dalam pelaksanaan supervisi sudah baik dalam kegiatan handover dirumahsakit (53,4%), sedangkan 61 responden masih kurang baikdalamdalam pelaksanaan supervisi dalam kegiatan handover dirumahsakit (46,6%)

Pembahasan: Upaya yang dilakukan untuk memberikan dukungan pada staf perawat salah satunya melalui kegiatan supervisi. Adanya pelaksanaan supervisi yang efektif dapat menimbulkan peningkatan pada kenyamanan dan pengurangan dari rasa cemas sehingga perawat dapat menjalankan asuhan keperawatan dengan lebih baik termasuk di dalamnya kegiatan handover.

 

Kata kunci: kegiatan handover, rumah sakit, supervisi


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI