DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH NILAI GROUND VIBRATION PADA KEGIATAN PELEDAKAN TERHADAP KESTABILAN LERENG LOW WALL DI PT GLOBAL MAKARA TEKNIK SITE EBL PIT BALIMAS KECAMATAN BUNGUR KABUPATEN TAPIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:GASCA GUTATA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-04


Getaran yang dihasilkan dari aktivitas peledakan dapat mempengaruhi kestabilan lereng jika getaran tanah sudah melampaui batas kekuatan massa batuan, potensi terjadinya longsoran akan meningkat. Dalam mengetahui pengaruh ground vibration pada kegiatan peledakan terhadap kestabilan lereng diperlukan suatu penelitian guna meminimalisir getaran yang terjadi agar nilai faktor keamanan lereng tetap sesuai standar yang ditetapkan untuk menjaga kestabilan lereng aman.

Pada penelitian ini menganalisis nilai percepatan horizontal maksimum (Amaks) yang didapatkan dari nilai peak particle acceleration (PPA) sebagai nilai seismik yang digunakan untuk mengetahui nilai faktor keamanan lereng. Nilai percepatan horizontal maksimum (Amaks) mempengaruhi nilai faktor keamanan diketahui dari analisis regresi linier hubungan antara Amaks dengan faktor keamanan.

Nilai percepatan horizontal maksimum (Amaks) terkecil 0,0023 g, nilai percepatan horizontal maksimum (Amaks) terbesar 0,0333 g.  Korelasi dari hubungan nilai percepatan horizontal maksimum (Amaks) dengan nilai faktor keamanan lereng kondisi kering didapatkan Y = -0,3377x + 0,5119 dan R2 = 0,9998, kondisi setengah jenuh Y = -0,3656x + 0,472 dan R2 = 0,9953, kondisi jenuh Y = - 0,4328x + 0,5021 dan R2 = 0,9996 menunjukkan semakin besar nilai Amaks maka nilai faktor keamanan akan semakin kecil.

 

Kata-kata kunci:getaran tanah, peak particle acceleration, kestabilan lereng, faktor keamanan, percepatan horizontal maksimum

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI