DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kemandirian Activities of Daily Living (ADL) pada Lansia di PPRSLU Budi Sejahtera, Banjarbaru”
PENGARANG:FAJAR MUSTAQIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-05


ABSTRAK

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN KEMANDIRIAN ACTIVITIES OF DAILY LIVING (ADL) PADA LANSIA DI PPRSLU BUDI SEJAHTERA, BANJARBARU

Mustaqim, Fajar

Latar belakang: Salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian Activities of Daily Living adalah kecemasan. Kecemasan merupakan suatu respon terhadap stimuli eksternal dan internal yang menyebabkan timbulnya gejala emosional, kognitif, fisik, dan tingkah laku. Kecemasan pada lansia dapat membentuk persepsi risiko dan mendorong terjadinya rasa takut yang pada akhirnya akan membatasi tingkat aktivitas sehari-hari

Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan kemandirian Activities of Daily Living pada lansia di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PPRSLU) Budi Sejahtera, Banjarbaru.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 55 orang lansia. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Uji analisis menggunakan uji korelasi Spearman.

Hasil: Hasil penelitian hubungan antara kecemasan dan Activities of Daily Living lansia didapatkan nilai p value 0,000 dan r = -,733.

Pembahasan: Lansia yang mengalami kecemasan jika tidak ditangani dengan baik maka akan mempengaruhi kemandirian Activities of Daily Living.

 

Kata Kunci: Activities of Daily Living, Kecemasan, Lansia, PPRSLU

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI