DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisa Faktor-faktor Motivasi Kerja Tukang pada Proyek Konstruksi di Kota Banjarbaru
PENGARANG:Muhammad Nurhalis Majid
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-05


Motivasi kerja memiliki peran yang penting dalam proses pelaksanaan suatu proyek mulai dari awal sampai selesainya proyek tersebut. Motivasi dapat mempengaruhi kinerja SDM dan kepuasan kerja yang pada akhirnya berpengaruh terhadap kualitas suatu proyek.  Namun pada kenyataannya, motivasi kerja merupakan hal yang sederhana dan dapat pula menjadi kompleks. Dikarenakan masih dapat ditemukan hasil proyek yang belum maksimal meskipun sudah mendapatkan motivasi kerja yang tinggi. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor motivasi apa saja yang berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja tukang pada beberapa proyek konstruksi di Kota Banjarbaru dan sekitarnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor motivasi yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja tukang pada proyek konstruksi di Kota Banjarbaru. Serta meninterpretasikan hubungan kinerja tukang dengan besar kecilnya faktor motivasi yang didapat.

Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja. Dari variabel kebutuhan psikologis, rasa aman, sosial, mencerminkan harga diri, dan aktualisasi diri memiliki persentase 73,33% termotivasi, 73,33% termotivasi, 61,67% termotivasi, 33,33% tidak termotivasi, dan 61,67% termotivasi. Variabel ini didominasi dengan sub-variabel, seperti Gaji/upah dengan pekerjaan sesuai (26,46%), disediakannya APD kerja (37,48%), pengawas lapangan yang baik (22,97%), pekerjaan yang menantang (38,76%), dan pekerjaan sesuai kemampuan (20,37%).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI