DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN KAHOOT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATEMATIKA PEMINATAN KELAS XII
PENGARANG:RULIYANI FEBRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-05


Pemanfaatan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry dapat 

meningkatkan hasil belajar peserta didik karena dalam proses pembelajarannya 

menggunakan model pembelajran Inquiry yang mana peserta didik menggunakan 

kemampuan berpikir kritis, logis, dan sistematis untuk menemukan jawaban yang 

benar berdasarkan fakta. Selain itu, pemanfaatan Kahoot dalam proses 

pembelajarannya dapat menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga 

peserta didik bersemangat mengerjakan tugas yang diberikan pendidik. Tujuan 

penelitian ini untuk mengetahui kondisi dan fakta di sekolah terkait pemanfaatan 

Kahoot, untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan Kahoot dengan 

model pembelajaran Inquiry, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar 

peserta didik melalui pemanfaatan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry

pada mata pelajaran matematika peminatan kelas XII MIA di SMAN 8 Barabai.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian

quasi-experimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan

dan pengambilan data menggunakan wawancara, dokumentasi, studi literatur,

sedangkan untuk hasil belajar menggunakan Uji T-tes. Hasil dari penelitian ini

adalah pendidik mampu merencanakan, menggunakan, dan melaksanakan

pembelajaran dengan pemanfataan Kahoot dalam pembelajaran dan terdapat

peningkatan hasil belajar peserta didik. nilai hasil belajar peserta didik setelah

menggunakan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi

dibandingkan sebelum menggunakan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry.

Serta terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen setelah

menggunakan kahoot dengan model pembelajaran Inquiry. Sedangkan peserta

didik pada kelas kontrol terjadi peningkatan hasil belajar juga akan tetapi belum

mencapai nilai ketuntasan. Rekomendasi untuk pendidik dan peserta didik dapat

memanfaatkan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry dalam pembelajaran

serta untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode dan menggabungkan

variabel-variabel lain dengan model penelitiannya.

Kata kunci: Pemanfaatan Kahoot, Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI