DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PEMANFAATAN KAHOOT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATEMATIKA PEMINATAN KELAS XII | |
PENGARANG | : | RULIYANI FEBRIYANTI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-01-05 |
Pemanfaatan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik karena dalam proses pembelajarannya
menggunakan model pembelajran Inquiry yang mana peserta didik menggunakan
kemampuan berpikir kritis, logis, dan sistematis untuk menemukan jawaban yang
benar berdasarkan fakta. Selain itu, pemanfaatan Kahoot dalam proses
pembelajarannya dapat menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga
peserta didik bersemangat mengerjakan tugas yang diberikan pendidik. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui kondisi dan fakta di sekolah terkait pemanfaatan
Kahoot, untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan Kahoot dengan
model pembelajaran Inquiry, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
peserta didik melalui pemanfaatan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry
pada mata pelajaran matematika peminatan kelas XII MIA di SMAN 8 Barabai.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi-experimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan
dan pengambilan data menggunakan wawancara, dokumentasi, studi literatur,
sedangkan untuk hasil belajar menggunakan Uji T-tes. Hasil dari penelitian ini
adalah pendidik mampu merencanakan, menggunakan, dan melaksanakan
pembelajaran dengan pemanfataan Kahoot dalam pembelajaran dan terdapat
peningkatan hasil belajar peserta didik. nilai hasil belajar peserta didik setelah
menggunakan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi
dibandingkan sebelum menggunakan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry.
Serta terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen setelah
menggunakan kahoot dengan model pembelajaran Inquiry. Sedangkan peserta
didik pada kelas kontrol terjadi peningkatan hasil belajar juga akan tetapi belum
mencapai nilai ketuntasan. Rekomendasi untuk pendidik dan peserta didik dapat
memanfaatkan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry dalam pembelajaran
serta untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode dan menggabungkan
variabel-variabel lain dengan model penelitiannya.
Kata kunci: Pemanfaatan Kahoot, Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI