DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUE BINGKA BUNDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI)
PENGARANG:FILANTRI MULIANNISA
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-09-21


RINGKASAN
FILANTRI MULIANNISA. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kue Bingka Bunda Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) dibimbing oleh Ibu Alia Rahmi, S.TP., MEngSc dan Bapak Agung Nugroho, S.TP, MSc, PhD
Bingka Bunda merupakan kue khas Banjar yang menjadi salah satu primadona di Kalimantan Selatan. Bingka Bunda telah berkembang sangat pesat dari awal mulai usaha pada tahun 1984. Banyak konsumen telah mengkonsumsi Bingka Bunda selama ini dan menjadi buah tangan untuk kolega di luar Kalimantan. Dengan banyaknya informasi yang pernah didengar langsung dari beberapa orang memberikan komentar terhadap rasanya yang sangat manis, dan agar bingka dapat diterima atau disukai oleh masyarakat luas maka perlu diketahui kepuasan konsumen terhadap bingka tersebut. Kepuasan konsumen yang diharapkan adalah dimana bingka yang ditawarkan memenuhi keinginan seluruh konsumen di Kalimantan Selatan. Penelitian ini Memberikan saran-saran pengembangan atau perbaikan atribut produk berdasarkan kesesuaian antara tingkat kepentingan unsur-unsur kepuasan konsumen bingka dengan kinerja yang telah dilakukan oleh produk dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk kue bingka, dengan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI). Metode penelitian yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menujukkan perhitungan Importance Performance Analysis menunjukkan bahwa atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya pada kuadran I tidak ditemukan, sedangkan untuk kuadran II adalah umur simpan, ketersedian produk, kemudahan akses membeli dan harga. Untuk kuadran III atribut yang menjadi prioritas adalah ukuran, desain kemasan. Lalu pada kuadran IV adalah atribut tingkat kemanisan, tingkat keenekan, tingkat kegosongan. Hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) didapatkan nilai CSI minuman bingka bunda sebesar 83 % (0,83). Nilai ini tereletak pada
rentang 0,80 – 1,00 yang menunjukkan bahwa indek kepuasan konsumen bingka bunda pada kriteria “sangat puas”.
Kata Kunci : Bingka Bunda, Banjarmasin, Kepuasan Konsumen

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI