DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PERAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DESA SIRE (Studi Kasus Agen Karet Desa Sire Kec. Gunung Bintang Awai)
PENGARANG:AKHMAD MURJANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-05


ABSTRAK

 

Akhmad Murjani 2022.  Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Mensejahterakan Masyarakat Desa Sire (Studi Kasus Agen Karet Desa Sire Kec. Gunung Bintang Awai). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Supriyanto, Ak, M. Pd Sebagai Pembimbing).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Mensejahterakan Masyarakat Desa Sire, dan kendala yang di hadapi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Mensejahterakan Masyarakat Desa Sire. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data ialah data primer yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran Umkm Agen Karet yang terletak pada Desa Sire Kecamatan Gunung Bintang Awai, memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat Desa seperti membantu masyarakat dalam menyalurkan hasil kebunnya, dan juga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, kesejahteraan sendiri dapat dilihat dari empat indikator untuk mencapai kesejahteraan yaitu, pendapatan, perumahan, kesehatan, dan pendidikan. (2) Kendala yang dihadapi oleh Umkm Agen Karet Desa Sire dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, terkendala pada sisi internal dan eksternal di antaranya adalah faktor internal yaitu: Modal, SDM yang terbatas, serta Jaringan Usaha. Sedangkan kendala dari faktor eksternal yaitu, Terbatasnya Sarana dan Prasarana, serta Iklim Usaha.   

 

Kata Kunci :  Peran Umkm, Mensejahterakan Masyarakat Desa Sire

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI