DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DAYAK MA'ANYAN DALAM PEMBANGUNAN DI DESA PATUNG KECAMATAN PAKU KABUPATEN BARITO TIMUR
PENGARANG:CHRISTIAN VIERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-06


Christian Vieri, 1710413310007, 2022, Partisipasi Masyarakat Dayak Ma’anyan Dalam Pembangunan di Desa Patung Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur, dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Bapak Drs. H. Apriansyah, M.Si.

Skripsi ini membahas Partisipasi Masyarakat Dayak Ma’anyan yang ada di Desa Patung. Penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk dan tingkat Partisipasi Masyarakat Dayak Ma’anyan dalam pembangunan desa. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini deskriftif. Peneliti berharap dapat menjelaskan bagaimana bentuk dan tingkat Partisipasi Masyarakat Dayak Ma’anyan dalam pembangunan desa.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk partisipasi masyarakat Dayak Ma’anyan dari partisipasi buah pikiran tergolong cukup dinamis, kemudian dalam partisipasi tenaga tergolong rendah di setiap kegiatan yang di selenggarakan, seperti dalam kegiatan pembangunan sarana dan prasarana desa, dan juga dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. kemudian partisipasi harta benda, masih belum ada warga yang ikut serta berpartisipasi dalam menyumbangkan harta benda dalam berbagai kegiatan pembangunan yang ada di desa. Kemudian dalam partisipasi keterampilan, hanya terbatas pada pembangunan sarana dan prasarana desa. Sejauh ini juga masih belum ada partisipasi keterampilan dari warga dalam pengembangan ekonomi lokal, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan maupun juga dalam kegiatan pengembangan kelembagaan desa. Sedangkan dalam partisipasi sosial warga desa tergolong cukup dinamis disetiap kegiatan yang di selenggarakan oleh Pemerintah Desa maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Saran dari penelitian ini diharapkan bagi Pemerintah Desa Patung maupun warga desa agar bisa lebih memperhatikan dan mendukung kegiatan pembangunan desa terlebih dalam kegiatan pengembangan ekonomi lokal. Serta juga dalam kegiatan kelembagaan desa.

 

Kata kunci : Masyarakat Dayak Ma’anyan, Bentuk Partisipasi, Pembangunan Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI