DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKSI KOMUNIKASI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH INDUK HULU SUNGAI SELATAN UNTUK KEBERSIHAN SUNGAI NAGARA (Studi Kualitatif Deskriptif pada Bank Sampah Induk Hulu Sungai Selatan)
PENGARANG:Hafizah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-06


ABSTRAK

            Hafizah, 1810414120015.2022. Aksi Komunikasi Lingkungan Melalui Program Bank Sampah Induk Untuk Kebersihan Sungai Nagara (Studi Kualitatif-Deskriptif pada Bank Sampah Induk Hulu Sungai Selatan). Dibawah bimbingan Fahrianoor.

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa penasaran peneliti mengenai pengelolaan sammpah melalui Bank Sampah Induk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Lingkungan dalam upaya melestarikan lingkungan serta mengatasi permasalahan sampah melalui Program Bank Sampah Induk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisa data model interaktif. Landasan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi dan teori struktur fungsional sebagai penguat hasil dalam penelitian ini.

            Hasil penelitian menunjukkan Pengelolaan Lingkungan Melalui Bank sampah Induk dijalankan berdasarkan Kebijakan yang diterapkan pada program Bank Sampah Induk untuk terciptanya lingkungan yang bersih di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan 2 Jenis upaya yaitu Pengurangan dan Penanganan. Komuniikasi Lingkungan yang digunakan adalah melalui kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dan melalui media sosial. Aksi Komunikasi Lingkungan yang dijalankan pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Lingkungan Hidup Hulu Sungai Selatan melalui Program Bank Sampah Induk berhasil mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengelolaan sampah, akan tetapi masih belum efektif untuk daerah bantaran sungai nagara karna masih ada beberapa kendala. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk meneliti secara fokus pada pengelolaan sampah untuk daerah bantaran sungai nagara karna Sungai dianggap sebagai bagian penting dalam kehidupan masyarakat.

Kata Kunci: Komunikasi Lingkungan, Komunikasi Pemasaran, Bank Sampah Induk Hulu Sungai Selatan, Sungai Nagara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI