DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI KOMUNIKASI KELUARGA DALAM FILM (Analisis Isi Kualitatif Pada Film Instant Family)
PENGARANG:ADITYA SAPUTRI PERMADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-06


ABSTRAK

Aditya Saputri Permadi, 1610414620002, 2023. Representsi Komunikasi Keluarga Dalam Film (Analisis Isi Kualitatif Pada Film Instant Family). Dibimbing oleh Siswanto Rawali dan Asti Nana Yuliarti.

Film Instant Family adalah sebuah film yang ditulis juga disutradarai oleh Sean Anders, film ini memiliki genre drama komedi yang layak disaksikan bersama keluarga. Alur cerita yang disajikan pada film Instant Family berpusat pada konflik keluarga antara tiga anak yang diadopsi dan pasangan orang tua baru yang ingin memiliki anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana representasi komunikasi keluarga yang ditampilkan pada film ini.

Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta analisis isi (content analysis) yang digunakan sebagai teknik analisis data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Teori yang digunakan yaitu teori interaksi simbolik dan menggunakan konsep aneka komunikasi yang ada pada keluarga sebagai elemen agar dapat menentukan kategori representasi komunikasi keluarga.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya representasi komunikasi keluarga sesuai dengan konsep elemen komunikasi keluarga, yaitu: komunikasi verbal yang menunjukkan perbincangan antar tokoh dalam bentuk diskusi, muncul sebanyak 10 scene. Komunikasi nonverbal yang berisi komunikasi dalam bentuk isyarat-isyarat yang ingin disampaikan melalui ekspresi wajah untuk menekankan isi pesan, muncul sebanyak 9 scene. Pada beberapa scene komunikasi kelompok diperlihatkan keluarga yang sedang duduk bersama di meja makan, yang muncul sebanyak 6 scene. Komunikasi individual ditunjukkan tokoh yang sedang berbincang empat mata untuk menyampaikan pesan tertentu, muncul hanya  sebanyak 5 scene. Pada penelitian ini terdapat 16 potongan scene yang di dalamnya mengandung representasi komunikasi keluarga yang terbangun secara bertahap dari orang tua asuh yang mengadopsi tiga anak sekaligus untuk menghasilkan ikatan keluarga yang baik.

Kata Kunci: Analisis Isi, Film, Komunikasi Keluarga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI