DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Foot Massage Terhadap Kualitas Tidur Pasien di Ruang ICCU: Studi Literatur
PENGARANG:Muhammad Faisal Amir
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-09


Latar belakang: Pada pasien ICCU kondisi penyakit dan faktor lingkungan dapat menyebabkan gangguan tidur. Istirahat dan tidur sangat diperlukan bagi pasien dengan penyakit jantung karena dapat mengurangi kerja jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kerja otot pernapasan.

Tujuan: Mengetahui efektifitas foot massage dalam meningkatkan kualitas tidur pasien di ruang ICCU.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian literature review. Empat literatur diidentifikasi pada empat database yaitu PubMed, Science Direct, Proquest, dan Google Scholardalam rentang tahun 2000-2020. Desain penelitian pada literatur menggunakan true eksperimental dan quasi eksperimental dengan populasi dewasa dan lansia dengan rentang umur 25-80 tahun. Seluruh artikel dianalisis menggunakan instrumen JBI Critical Appraisal tools for Quasi-Experimental Studies dan JBI Critical Appraisal tools for Studies Randomized Controlled Trials.

Hasil: Hasil review pada empat artikel penelitian menunjukan bahwa pemberian foot massage dapat meningkatkan kualitas tidur pada pasien di ICCU.Durasi pemberian terapi foot massage bervariasi dari 10 menit hingga 20 menit diberikan sebanyak 2 kali selama 2 hari berturut-turut sebelum tidur dan juga sebanyak 7 kali selama tujuh hari dilakukan sebelum tidur.

Pembahasan: Foot massage memiliki pengaruh terhadap peningkatan kualitas tidur pada pasien di ruang ICCU. Foot massage merupakan metode sederhana yang dapat diseIesaikan daIam waktu singkat, murah dan berguna untuk mengurangi gangguan tidur sehingga dianjurkan untuk meningkatkan kuaIitas tidur pasien jantung.

 

 

Kata Kunci: Foot Massage, Kualitas tidur, ICCU

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI