DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI MOTION GRAPHIC DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN KEBUN BUNGA 3
PENGARANG:Rica Rahmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-09


Kurangnya variasi media pembelajaran dan keterbatasan kompetensi pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran menyebabkan pendidik kesulitan dalam menyampaikan contoh nyata bentang alam yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui tahap pengembangan video pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Kebun Bunga 3, (2) Untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan video pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Kebun Bunga 3, (3) Untuk mengetahui media video pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Kebun Bunga 3. Pada penelitian pengembangan video pembelajaran ini merupakan jenis penelitian R&D dengan prosedur pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development, Dessiminate yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Hasil penelitian ini menunjukkan Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Motion Graphic Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Bagi pendidi diharapkan agar dapat memanfaatkan video pembelajaran ini guna mengoptimalkan proses pembelajaran dan jika memungkinkan sebaiknya pihak komite/kepala sekolah dapat mengadakan pelatihan pengembangan media pembelajaran kepada pendidik.

Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Animasi Motion Graphic, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI