DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perbandingan Efektivitas Jus Semangka (Citrullus vulgaris rubrum) dengan Jus Tomat (Solanum lycopersicum) terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi Usia 26-45 Tahun di UPT Puskesmas Karang Intan 2
PENGARANG:NUR TIAS SETIANINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-09


Latar belakang : Hipertensi merupakan penyakit terbanyak ke-2 di kalangan masyarakat, dan sebagian besar yang mengalami hipertensi adalah populasi dewasa. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengurangi angka hipertensi pada masa tua nantinya dan membantu mengontrol tekanan darah.

Tujuan : Mengetahui efektifitas jus semangka dengan jus tomat dalam penurunan tekanan darah penderita hipertensi usia 26-45 tahun di UPT Puskesmas Karang Intan 2.

Metode : Quasy experimental dengan pretest posttest group design. Responden berjumlah 32 orang, dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok intervensi 1 (jus semangka) dan kelompok intervensi 2 (jus tomat). Responden dipilih menggunakan kriteria penelitian, dengan pemberian intervensi selama 5 hari. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney.

Hasil : Tidak ada perbedaan efektifitas jus semangka dengan jus tomat dalam penurunan tekanan darah penderita hipertensi usia 26-45 tahun di UPT Puskesmas Karang Intan 2 (p=0,102, α=0,05). Jus semangka dan jus tomat efektif dalam menurunkan tekanan darah (p=0,003, p=0,046, α=0,05 berurutan).

Pembahasan : Tidak adanya perbedaan tekanan darah antar kedua intervensi, diartikan bahwa keduanya memiliki efektifitas yang sama dalam menurunkan tekanan darah, karena memiliki kandungan manfaat yang sama dalam proses menurunkan tekanan darah, seperti kalium dan sitrulin.

 

Kata Kunci : Hipertensi, intervensi, jus semangka,jus tomat, non-farmakologi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI