DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRARANCANGAN PABRIK PHENYL ETHYL ALCOHOL DARI BENZENE DAN ETHYLENE OXIDE DENGAN PROSES FRIEDEL-CRAFTS DENGAN KAPASITAS 2.000 TON/TAHUN
PENGARANG:PRIYO HENDRAWAN -948
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-09


Phenyl Ethyl Alcohol (C8H10O) merupakan salah satu produk kimia hasil produksi antara (intermediate) yang banyak digunakan sebagai bahan baku industri pembuatan parfum. Phenyl Ethyl Alcohol juga dapat digunakan sebagai bahan dasar kosmetik, sabun, bahan pengawet, anti bakteri dan sebagainya. Perancangan pabrik Phenyl Ethyl Alcohol dengan kapasitas 2000 ton/tahun. Bahan Baku yang digunakan dalam produksi Phenyl Ethyl Alcohol adalah ethylene oxide dan benzene dengan katalis Aluminium Chloride (AlCl3).

Proses pembuatan Phenyl Ethyl Alcohol dapat menggunakan proses Friedel-Crafts. Proses Friedel-Crafts dilakukan dengan mereaksikan Benzene (C6H6) dan Ethylene oxide (C2H4O) dengan menggunakan katalis Aluminum Oxide (AlCl3). Reaksi utama berlangsung di dalam reaktor alir tangki berpengaduk (RATB) menggunakan katalis AlCl3. Reaksi berlangsung pada suhu 10oC dengan tekanan 1,5 atm dan merupakan reaksi eksotermis. Proses pemurnian menggunakan beberapa alat seperti dekanter, evaporator dan menara distilasi. Proses produksi ditunjang dengan adanya unit proses yang terdiri dari unit pengadaan air, steam, tenaga listrik, bahan bakar serta unit laboratorium yang selalu mengontrol kualitas bahan baku dan produk agar sesuai dengan spesifikasi yang dikehendaki dan dilengkapi dengan keselamatan dan kesehatan kerja karyawan.

Pemasaran phenyl ethyl alcohol diutamakan untuk konsumsi dalam negeri. Bentuk perusahaan berupa Perseroan Terbatas (PT) dengan sistem organisasi line dan staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian menurut jam kerja yang terdiri dari shift dan non shift dengan tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 172 orang. Adapun hasil analisa ekonomi memberikan hasil investasi modal total (TCI) sebesar Rp131.034.313.697,- . Selain itu diperoleh juga Return of Investment (ROI) sebelum pajak sebesar 26,94% dan Return of Investment (ROI) sesudah pajak sebesar 12,93%. Pay Out Time (POT) sebelum pajak yaitu 2,78 tahun. Sehingga diperoleh Break Even Point (BEP) sebesar 48,35% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 25,35%. Berdasarkan pertimbangan hasil evaluasi ekonomi tersebut, maka pabrik phenyl ethyl alcohol dengan kapasitas 2.000 ton/tahun ini layak untuk dikaji lebih lanjut.

 

Kata kunci:benzene, ethylene oxide, friedel-crafts, phenyl ethyl alcohol

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI