DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELITUS DI RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:Ketut Sunartiasih
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-09


Pendahuluan: Diabetes melitus merupakan penyakit jangka panjang berupa gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah melebihi batas normal. Penyakit kronis yang diderita dengan pengobatan yang dijalani dapat mempengaruhi kapasitas fungsional, psikologis dan kesehatan sosial serta kesejahteraan penderita diabetes melitus yang diartikan sebagai kualitas hidup. Kualitas hidup penderita diabetes melitus dapat semakin meningkat dikarenakan oleh adanya dukungan yang diberikan oleh keluarga.

Tujuan: Mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien diabetes melitus di RSUD Ulin Banjarmasin.

Metode: Penelitian ini analitik cross sectional menggunakan teknik  accidental sampling dengan 42 sampel. Analisa data menggunakan uji Korelasi-Pearson untuk melihat keeratan hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan nilai korelasi p-value 0.845 dengan tingkat signifikan nilai p-value >0,05 maka hasilnya penelitian adalah tidak terdapat hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup penderita diabetes melitus.

Kesimpulan: Tidak ada hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup passion diabetes mellitus di RSUD Ulin Banjarmasin.

Kata kunci: dukungan keluarga, kualitas hidup, diabetes 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI