DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN SISTEM PENGHARGAAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RAWAT INAP RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:DESTY KARTIKA ATNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


ABSTRAK

HUBUNGAN SISTEM PENGHARGAANDENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RAWAT INAP RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU

 

Desty Kartika Atni

Latar belakang: Kepuasan kerja perawat di RSD Idaman Kota Banjarbaru masih rendah. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja perawat adalah sistem penghargaan.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan sistem penghargaan dengan kepuasan kerja perawat di rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Metode penelitian ini adalah cross sectional dengan teknik stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 129 perawat di rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan menggunakan uji korelasi Spearman.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan rata-rata sistem penghargaan 50,43 dan rata-rata kepuasan kerja perawat 65,27. Hasil analisis dengan korelasi spearman didapatkan adanya hubungan antara sistem penghargaan dengan kepuasan kerja perawat (p value 0,014<0,05 ; r = 0,216).

Pembahasan: Sistem penghargaan dapat mempengaruhi kepuasan kerja perawat dibuktikan dari adanya hubungan antara sistem penghargaan dengan kepuasan kerja perawat dengan arah hubungan positif. Kepuasan kerja perawat masih rendah sehingga perlu ditingkatkan kembali agar tercapainya kepuasan kerja tinggi.

Kata kunci: Sistem penghargaan, kepuasan kerja, perawat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI