DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perbandingan Pemberian Terapi Murottal dengan Terapi Musik Suara Alam Terhadap Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien di ICU RSUD Ulin Banjarmasin
PENGARANG:AN-NISA KAMILAH HUMAIRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


Latar Belakang: Kecemasan keluarga menjadi salah satu fenomena yang sering terjadi di ICU dan berdampak pada proses pengambilan keputusan terkait perawatan pasien yang tidak maksimal. Terapi murottal dan terapi musik suara alam merupakan terapi non-farmakologis yang mampu menurunkan kecemasan.

Tujuan: Mengetahui perbandingan pemberian terapi murottal dengan terapi musik suara alam terhadap tingkat kecemasan keluarga pasien di ICU RSUD Ulin Banjarmasin.

Metode: Desain penelitian Quasi-Experiment pretest-posttest dengan teknik consecutive sampling pada 30 orang keluarga pasien di ruang tunggu ICU menggunakan kuesioner HARS. Analisis bivariat menggunakan uji T-Berpasangan untuk kelompok terapi murottal dan uji Wilcoxon untuk kelompok terapi musik suara alam. Kemudian menggunakan uji T-Independen untuk membandingkan kedua terapi.

Hasil: Analisa data menunjukkan nilaisig. 0.191 (p >0.05) sehingga H0 gagal ditolak, artinya tidak ada perbedaan pemberian terapi murottal dengan terapi musik suara alam terhadap tingkat kecemasan keluarga pasien di ICU RSUD Ulin Banjarmasin.

Pembahasan: Skor kecemasan keluarga pada kuesioner HARS sebelum dan setelah diberikan terapi murottal dan terapi musik suara alam sama – sama mengalami penurunan. Sehingga kedua terapi dapat diaplikasikan untuk menurunkan kecemasan keluarga.

 

Kata Kunci:ICU, murottal, musik suara alam, kecemasan, keluarga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI