DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN KEMAMPUAN TOILET PAPER DAN TUTUP STOPLES MASON JAR PADA SENSASI CHEST RECOIL DAN MANEKEN (Pada Latihan Chest Compression Only CPR Penolong Awam)
PENGARANG:NIDA ISLAH SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


Latar Belakang: Out  of  Hospital  Cardiac  arrest  (OHCA)  didefinisikan sebagai terhentinya kegiatan mekanik jantung yang dikonfirmasi oleh tidak terdapatnya tanda-tanda sirkulasi yang berlangsung di luar rumah sakit. Basic life support (BLS) yang dapat diberikan oleh masyarakat awam kepada pasien henti jantung adalah cardiopulmonary resuscitation (CPR). Pelatihan CPR sangat penting untuk dilakukan untuk meningkatkan angka harapan hidup pasien henti jantung. Salah satu perangkat alternatif yang dapat digunakan untuk pelatihan CPR adalah perangkat toilet paper yang mudah didapatkan dan terjangkau.

 

Tujuan: Untuk mengetahui perangkat toilet paper sebagai perangkat dalam pembelajaran pendidikan chest compression only CPR dalam meningkatkan sensasi chest recoil pada penolong awam.

 

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan simple random sampling. Sampel terdiri dari 30 orang masyarakat awam yang belum pernah mendapatkan pelatihan CPR. Responden menerima pelatihan CPR dengan berlatih di perangkat toilet paper dan setelah itu mempraktikkan hasil latihan pada maneken serta dilakukan pengukuran dengan mengobservasi feedback pada aplikasi QCPR yang sudah terhubung dengan maneken.

 

Hasil: Hasil penelitian diperoleh bahwa dari 30 responden penelitian, sebanyak 30 orang (100%) dapat melakukan CPR dengan feedback chest recoil yang tepat setelah berlatih pada perangkat alternatif toilet paper.

 

Pembahasan: Perangkat toilet paper dapat menjadi perangkat alternatif pelatihan CPR dengan feedback secara langsung untuk merasakan sensasi chest recoil. Disarankan untuk mencari perangkat alternatif yang lain dan dapat membandingkan perangkat tersebut dengan perangkat toilet paper.

Kata kunci: Cardiopulmonary resuscitation (CPR); Chest recoil; Perangkat alternatif; Toilet paper

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI