DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KARAKTERISTIK PERAWAT TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PELAKSANAAN TIMBANG TERIMA PADA MASA COVID-19 DI RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:DWI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


Latar Belakang: Dampak Covid-19 terhadap pelayanan keperawatan salah satunya pada proses pelaksanaan timbang terima. Perawat mengatahui seluruh proses pelaksanaan timbang terima untuk menghindari terjadinya kesalahan yang membahayakan keselamatan pasien. Faktor yang mempengaruhi pengetahuan perawat yaitu karakteristik perawat (usia, jenis kelamin, pendidikan, lama kerja, dan jenjang karir).

Tujuan: Mengetahui hubungan karakteristik perawat (usia, jenis kelamin, pendidikan, lama kerja, dan jenjang karir) terhadap pengetahuan tentang pelaksanaan timbang terima pada masa Covid-19 di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Penelitian menggunakan metode non-eksperimen dengan cross sectional. Teknik stratified random sampling. Sampel berjumlah 128 perawat. Pengambilan data menggunakan lembar kuesioner. Uji analisis yang digunakan yaitu Uji korelasi Spearman, Uji kruskall wallis, dan Uji Mann Whitney.

Hasil: Ada hubungan antara usia perawat terhadap pengetahuan tentang pelaksanaan timbang terima pada masa Covid-19 di RSD Idaman Kota Banjarbaru (p-value 0,035<0,05; r= 0,187). Tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin (p-value= 0,613), pendidikan (p-value=0,073), lama kerja (p-value= 0,128), dan jenjang karir (p-value= 0,073).

Diskusi: Pengetahuan perawat dapat dipengaruhi oleh usia karena semakin bertambahnya usia maka akan lebih berpikir matang. Usia berpengaruh terhadap kinerja perawat yang berkaitan dengan kedewasaan dan kemampuan perawat dalam bekerja. Tidak berhubungannya faktor jenis kelamin, pendidikan, lama kerja, dan jenjang karir terhadap pengetahuan perawat bisa terjadi karena terdapat faktor lain.

 

Kata kunci: karakteristik perawat, pengetahuan, timbang terima

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI