DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI PENYAKIT LAYU PADA TANAMAN TERUNG DI DESA SUKAMARA KECAMATAN LANDASAN ULIN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:KHAIRUNNIDA
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-09-21


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit layu pada tanaman terung di Desa Sukamara Landasan Ulin Kecamatan Kota Banjarbaru. Dilaksanakan di Laboratorium Fitopatologi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Dimulai pada bulan September sampai dengan bulan November 2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pengamatan langsung dilapangan berupa gejala serangan penyakit layu yang menyerang tanaman terung di Desa Sukamara Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Pengambilan sampel untuk identifikasi penyakit dilakukan secara diagonal dengan jumlah lima sampel yang diambil. Selanjutnya tanaman dibawa ke Laboratorium untuk dilakukan identifikasi penyebab penyakit tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan dari lima sampel tanaman yang diambil menunjukkan tanaman terung bergejala layu benar terinfeksi oleh bakteri R. solanacearum. Hasil identifikasi menunjukkan adanya ooze yang keluar dari kelima batang tanaman sampel. Pertumbuhan isolate bakteri setelah diisolasi menghasilkan koloni berwarna putih susu, bentuk koloni tidak beraturan dan tekstur koloni berlendir. Isolate bakteri yang ditumbuhkan pada media TZC mengalami perubahan warna menjadi merah pada bagian tengahnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI