DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor - Faktor Yang Berhubungan dengan Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien di Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru
PENGARANG:AQIL ANDIKA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


Latar Belakang: Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien bermanfaat untuk mengidentifikasi risiko penyebab bahaya dan mengambil solusi untuk mencegah kesalahan yang sama agar tidak terulang kembali..

Tujuan: Untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan pelaporan insiden keselamatan pasien di ruang rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Cross Sectional kepada 128 perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru menggunakan kuesioner.

Hasil: Hasil peneltian menunjukan tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin (p-value=0,146), pendidikan (p-value=0,839), lama kerja (p-value=0,671), dan kepemimpinan (p-value=0,680) dengan pelaporan insiden keselamatan pasien di Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru. Terdapat hubungan antara persepsi dan motivasi dengan pelaporan insiden keselamatan pasien di ruang rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru dengan nilai p-value 0,002.

Pembahasan: Persepsi dan motivasi dapat ditingkatkan dengan adanya dukungan rekan kerja dalam melaporkan insiden keselamatan pasien dengan tidak memberikan hukuman kepada perawat dan tidak melakukan budaya saling menyalahkan. Tidak berhubungannya faktor jenis kelamin, pendidikan, lama kerja, dan kepemimpinan terhadap pelaporan bisa terjadi dikarenakan terdapat faktor lainnya seperti kurangnya pengetahuan, pelatihan, dan reward/imbalan.

Kata Kunci : Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI