DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pemanfaatan Media Sosial Instagram @dinkesbanjarmasinnews Sebagai Media Informasi dan Edukasi Kesehatan Kepada Masyarakat Kota Banjarmasin
PENGARANG:Alya Anisa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin merupakan instansi pelayanan publik pemerintah di bidang kesehatan yang memiliki salah satu misi ingin mendorong kemandirian masyarakat Kota Banjarmasin untuk hidup sehat. Pada era teknologi informasi ini media sosial khususnya instagram menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut karena memiliki pengguna yang banyak, sehingga penggunaan akun instagram @dinkesbanjarmasinnews ini menjadi pilihan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dalam menyebarkan informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan akun instagram @dinkesbanjarmasinnews oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin sebagai media informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat Kota Banjarmasin.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian diuji keabsahannya melalui triangulasi metode. Lalu, dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kesempurnaan media (Daft & Langel, 1990).

Hasil penelitian ini menunjukkan, secara umum Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melalui akun instagram @dinkesbanjarmasinnews dikatakan mampu dan berhasil dalam pemanfaatan fitur untuk menyebarkan konten informasi dan edukasi kesehatan seperti fitur creator tools, feeds, story, reels, highlights, caption dan direct message meski masih diperlukan peningkatan penggunaan fitur lain agar lebih maksimal dalam menyampaikan pesan kepada audiensnya dalam hal ini masyarakat Kota Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI