DIGITAL LIBRARY



JUDUL:pengaruh current ratio dan debt to equity ratio terhadap return on asset pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bei periode 2015-2021
PENGARANG:Nadia Ulfah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


Nadia Ulfah, 1810412320006, 2022, Pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman periode 2015-2021. Dibawah bimbingan Hasanur dan Setio Utomo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh Current Ratio (X1) dan Debt To Equity Ratio (DER) (X2) terhadap Return On Asset (Y) pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman periode 2015-2021.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan tipe  eksplanatori. Objek penelitian ini adalah Laporan Keuangan Tahunan Perusahaa Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdiri dari PT. Akasha Wira Internasional Tbk,PT. Tiga Pilar Sejahtera Tbk, PT. Tri Banyan Tirta Tbk, PT. Campina Ice Cream Industry Tbk, PT. Nippon Indosari Tbk. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yaitu laporan keuangan publikasi Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Periode 2015-2021. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman, sedangkan untuk sampel yang digunakan yaitu Laporan Keuangan Tahunan sebanyak 35 dikarenakan periode penelitian sebanyak 7 tahun dikalikan dengan 5 objek penelitian. Penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriftif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, dan Uji Hipotesis.

Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji t atau secara parsial pada variabel Current Ratio (CR) terhadap Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh signifikan. UntukDebt to Equity Ratio(DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Dan hasil pengujian secara simultan (uji f) diketahui bahwa Current Ratio(CR) (X1) danDebt on Equity Ratio (DER)(X2) secara simultan juga tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA besar pengaruh hanya 3% sisanya 97% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

 

Kata Kunci : Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Asset.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI