DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Efikasi Diri dengan Tingkat Stres Mahasiswa S1 Program Studi Keperawatan Universitas Lambung Mangkurat dalam Menyusun Skripsi
PENGARANG:FAJRIAN NOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


 

Latar Belakang: Dalam ruang lingkup akademik,stres dapat terjadi di institusi Perguruan Tinggi. Salah satu faktor internal respon terhadap stres akademik adalah keyakinan terhadap kemampuan seorang individu atau efikasi diri. Tinggi rendahnya efikasi akan memengaruhi cepat lambatnya penyelesaian tugas perkuliahan seperti tugas akhir berupa skripsi.

 

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan tingkat stres pada Mahasiswa S1 Program Studi Keperawatan ULM dalam menyusun skripsi.

 

Metode: Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Teknik yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 58 Mahasiswa PSKep FK ULM. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Uji analisis menggunakan uji korelasi Spearman.

 

Hasil: Rata-rata tingkat efikasi diri pada mahasiswa adalah efikasi diri tinggi dengan nilai mean 28,50. Rata-rata tingkat stres pada mahasiswa adalah stres akademik sedang dengan nilai mean 54,14. Terdapat hubungan yang negatif dan cukup kuat antara efikasi diri dengan tingkat stres mahasiswa PSKep FK ULM dalam menyusun skripsi (p-value= 0.000 <  0.05; r = -0.445).

 

Diskusi: Efikasi diri memiliki hubungan dengan tingkat stres dalam penyusunan skripsi. Efikasi diri selama menyusun skripsi perlu ditingkatkan agar mengurangi tingkat stres.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI