DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG JURNAL KOTIM SEBAGAI MEDIA BERITA STRAIGHT NEWS DI HAYAT TV SAMPIT
PENGARANG:Aditiya Auliya Artha
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


ABSTRAK

 

Aditiya Auliya Artha, 1810414310038, Persepsi Masyarakat Tentang Jurnal Kotim Sebagai Media Berita Straight News di Hayat TV Sampit. Dibawah bimbingan Achmad Bayu Chandrabuwono.

Televisi mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi para pemirsanya. Khususnya program acara unggulan dari Hayat Tv yaitu “Jurnal Kotim” yang sangat berpengaruh dalam memberikan informasi berita tentang daerah kota Sampit. Jurnal Kotim merupakan program acara berita yang memberikan informasi tentang daerah kota Sampit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Kecamatan Baamang tentang program acara Jurnal Kotim sebagai media berita Straight News di Hayat TV.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications dan teori kredibilitas sumber. Informan kunci tiga orang masyarakat yang menyaksikan program jurnal kotim, dan informan pendukung dua orang, pertama pihak Hayat Tv dan kedua tokoh masyarakat.

Hasil dari penelitian ini adalah Masyarakat menganggap Jurnal Kotim sebagai media berita Straight News dan memiliki kredibilitas sumber yang dapat dipercaya, sensasi awal masyarakat kota Sampit mengetahui Jurnal Kotim melalui teman dan media sosial, atensi perhatian masyarakat menyaksikan program acara jurnal kotim ini dari awal mulai sampai selesai. Ekspektasi mereka terhadap program acara jurnal kotim ini sudah terpenuhi. Motivasi mereka untuk menonton program acara jurnal kotim karena ingin mengetahui informasi tentang perkembangan kota sampit. Dan pesan yang disampaikan dari berita yang ditayangkan dapat dengan mudah diterima dan diingat setelah selesai menyaksikan program acara jurnal kotim.

 

Kata Kunci : Persepsi, Straight News, Jurnal Kotim

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI