DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Intervensi Mencegah Terjadinya Dekubitus Pada Pasien Yang Dirawat Di ICU: Literature Riview
PENGARANG:MARIA KRISTIANA-1271
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-10


Latar Belakang: Intensive Care Unit (ICU) merupakan ruangan khusus untuk menangani pasien kritis. Pasien dalam perawatan di ICU dengan kondisi keterbatasan gerak, tirah baring dan penurunan kesadaran dapat menyebabkan risiko tinggi dekubitus.

Tujuan: Mengetahui jenis intervensi yang efektif, durasi pelaksanaan, dan teknik pelaksanaan untuk mencegah dekubitus pasien ICU.

Metode: Studi merupakan literature review. Tigabelas literatur diidentifikasi dari tiga data base yaitu: Google Scholar, Proquest, dan Science Direct dalam rentang tahun 2018-2022. Desain penelitian artikel yang digunakan adalah quasi eksperimental. Semua artikel dianalisis menggunakan instrumen JBI Critical Appraisal Checklist for Quasi-Experimental Studies.

Hasil: Seluruh intervensi berpengaruh dan efektif dalam mencegah dekubitus pasien ICU. Terdapat 7 macam intervensi yang dapat digunakan untuk mencegah dekubitus pasien ICU.

Pembahasan: Terdapat tujuh intervensi yang efektif untuk mencegah dekubitus pasien ICU diantaranya mobilisasi progresif atau perubahan posisi atau alih baring, massase dengan Olive Oil, massase dengan Virgin Coconut Oil (VCO), Massase dan alih baring, pemberian minyak zaitun, pemberian henna lawsoni inermis, pemberian nigella sativa oil.

Kata Kunci: ICU, Intensive Care Unit, Dekubitus

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI