DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MEDIA VISUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT LAPOR DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN MASYARAKAT BANJARMASIN TENTANG LAPOR
PENGARANG:FIMANDA WIJAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-01-11


ABSTRAK

 

Fimanda Wijaya, 1810414310018, 2022. Desain Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Banjarmasin Tentang LAPOR (Studi Eksperimental pada Masyarakat Kota Banjarmasin) Dibimbing oleh Achmad Bayu Chandrabuwono.

Berbagai permasalahan di kehidupan yang tidak dapat diatasi oleh masyarakat tersebut. Oleh karena itu pemerintah memfasilitasi melalui aplikasi Lapor(Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat), namun masih banyak masyarakat belum mengetahui aplikasi Lapor ini dalam kehidupan masyarakat Kota Banjarmasin.Kajian ini dilakukan dengan latar belakang tersebut untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kognitif atau pengetahuan masyarakat tentang LAPOR setelah diberikannya informasi berupa layanan iklan video masyarakat.

. Penelitian ini merancang eksperimen semu dengan dua kelompok pre dan post-test dan satu kelompok kontrol dengan menggunakan desain penelitian eksperimen kuantitatif. 40 orang berpartisipasi dalam penelitian ini, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kuesioner digunakan untuk pengumpulan data, dan uji paired sample t test digunakan untuk analisis data.

Konsekuensi pengujian spekulasi dalam temu penjajakan didapatkan sig (2-followed) (0,000) < (0,05) dengan tingkat kepastian 95%. Pada tahap pre-test, nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 3,10, dan pada tahap post-test adalah 6,30.

Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kognitif masyarakat kelompok eksperimen mengenai aplikasi Lapor setelah diberikan perlakuan melalui media video iklan layanan masyarakat, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.         

 

Kata Kunci: Eksperimen, Video, Kognitif,LAPOR, Iklan Layanan Masyarakat,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI