DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI TANJUNG (Mimusops elengi L.)
PENGARANG:SYARIPAH AINIAH
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-09-25


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam terhadap pertumbuhan semai tanjung (M. elengi L.) dan membandingkan pertumbuhan semai tanjung (M. elengi L.) pada perlakuan dengan komposisi media tanam top soil 100 %, top soil dan tanah gambut, top soil dan arang sekam padi dan top soil dan cocopeat.
Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan rumus rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 10 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan, terdiri dari perlakuan K (topsoil 100%), perlakuan A (topsoil dan tanah gambut), perlakuan B (topsoil dan arang sekam padi) dan perlakuan C (topsoil dan cocopeat) dengan perbandingan 1:1 pervolume.
Pertambahan tinggi batang dan jumlah daun semai tanjung menunjukkan bahwa perlakuan B yang memiliki pertambahan tinggi sebesar 9,35 cm dan jumlah daun sebesar 11,7 helai . Memperoleh hasil analisis keragaman yang menunjukkan bahwa pemberian komposisi tanam arang sekam padi berpengaruh sangat nyata terhadap pertambahan tinggi dan jumlah daun semai tanjung. Hal ini dibuktikan dengan hasil Fhitung lebih besar dari Ftabel.
Pertambahan diameter semai tanjung menunjukkan bahwa perlakuan B yang memiliki pertambahan sebesar 0,21 mm. Memperoleh hasil analisis keragaman yang menunjukkan bahwa pemberian komposisi tanam arang sekam padi tidak berpengaruh nyata terhadap pertambahan diameter semai tanjung. Hal ini dibuktikan dengan hasil Fhitung lebih kecil dari Ftabel.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI